KAWAH KAMOJANG

KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
kawahBerdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 170/Kpts/Um/3/1979, tanggal 13-3-1979 hutan pegunungan seluas 8.000 Ha ditunjuk sebagai Cagar Alam (CA) seluas 7.500 Ha dan Taman Wisata Alam (TWA) seluas 500 Ha. Kemudian dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 110/Kpts-II/90 tanggal 14 Maret 1990, CA dan TWA Kamojang ditetapkan seluas 8.286 Ha (CA=7.805 Ha).

Menurut administrasi pemerintahan kawasan konservasi Kamojang terletak dalam dua wilayah, yaitu : termasuk wilayah Desa Cibeet, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung dan termasuk wilayah Desa Randukurung, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Topografi
Keadaan lapangan secara umum topografinya bergelombang dengan ketinggian tempat antara 500-1.00 meter di atas permukaan laut.

Iklim
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson, iklimnya termasuk iklim tipe B dengan rata-rata surah hujan per tahun 2.500 – 3.000 mm.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Vegetasinya termasuk tipe hutan hujan tropik pegunungan dengan floranya terdiri dari jenis-jenis pohon dan liana serta epiphyt. Jenis-jenis pohon yang banyak terdapat adalah : Jamuju (Podocarpus imbricatus), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanopsis tunggurut), Pasang (Quercus sp) dan lain-lain. Sedangkan jenis tumbuhan bawah didominasi oleh jenis Cantigi (Vaccinium sp), dari jenis liana dan epiphyt adalah Rotan (Calamus sp), Seseureuhan (Piper aduncum), Pungpurutan (Urena lobata), Hangosa (Amoemun dealatum), Kandaka (Drynaria sp), Benalu (Diplazium esculenteum) dan lain-lain.

Fauna
Satwa liar yang ada di kawasan ini antara lain : Babi hutan (Sus vitatus), Kijang (Muntiacus muntjak), Macan Tutul (Panthera pardus), Musang (Paradoxurus hermaproditus), Trenggiling (Manis javanicus), Surili (Presbytis comata), Lutung (Trachypithecus auratus), Ayam Hutan (Gallus gallus), Burung belibis (Anas sp), Burung Kuntul (Egretta sp) dan lain-lain. Juga terdapat beberapa jenis ikan hidup di sungai-sungai.

POTENSI WISATA ALAM

Daya Tarik Obyek
Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Kamojang memiliki keindahan alam, udaranya yang sejuk dan nyaman beserta flora dan fauna didalamnya merupakan pemandangan yang indah untuk dinikmati. Ada juga beberapa kawah yaitu Kawah Manuk, Kawah Berecek, Kawah Sorekat, Kawah Kamojang, Kawah Cikahuripan, Kawah Kereta Api, Kawah Pojok, Kawah Hujan, Kawah Cibuliran, Kawah Racun dan lainnya. Diantara kawah-kawah ini, Kawah Kereta Api merupakan Oring Kab II eksplorasi sumber panas bumi sebagai pembangkit tenaga listrik dan merupakan kawah paling menarik bagi pengunjung, juga terdapat sumber air panas yang dimanfaatkan untuk penyembuhan penyakit kulit.

Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan

Menikmati keindahan dan keunikan alam, Lintas alam, Mandi air panas, Wisata ilmiah berupa pengamatan flora, fauna dan gejala alam.

Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana yang terdapat di kawasan ini antara lain : loket karcis, pos jaga, MCK, lapangan parkir, shelter, warung-warung minum dan lain-lain.

AKSESIBILITAS

Untuk mencapai kawasan dapat di tempuh dengan jalur kendaraan umum antara lain :

Melalui Garut dengan rute Bandung – Tarogong – Samarang – Pangkalan – Kawah Kamojang, dengan jarak tempuh ± 100 Km.

Dari Bandung – Majalaya – Paseh – Kawah Kamojang, sejauh ± 31 Km.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: