LEUWEUNG SANCANG

KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan Letak
Curug Sanghiyang Taraje_1Kawasan hutan Leuweung Sancang ditetapkan sebagai cagar alam seluas 2.157 Ha. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian, Nomor 370/Kpts/Um/6/1978 tanggal 9 Juni 1978. Adanya terumbu karang dengan kondisi masih cukup baik yang berada di perairan pantai CA. Leuweung Sancang, maka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 682/Kpts-II/90 tanggal 17 Nopember 1990, perairan pantai tersebut seluas 1.150 Ha ditunjuk sebagai Cagar Alam Laut Sancang.

Kawasan hutan Suaka Alam yang terletak di Pantai selatan ini, termasuk dalam wilayah-wilayah , yaitu : Desa Sancang, Sagara, Karyamukti, dan Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Topografi
Pada umumnya keadaan topografi kawasan Cagar Alam Sancang adalah kombinasi dataran landai dan perbukitan. Kearah selatan dan Barat pada umumnya landai dan ke arah timur berbukit. Ketinggian tempat antara 0-175 meter di atas permukaan laut dan kemiringan berkisar antara 5% sampai 20%.

Iklim
Keadaan iklim di kawasan menurut klasifikasi dari Schmiodt dan Ferguson, termasuk tipe iklim B yaitu tipe basah dengan nilai Q (Quontient) sebesar 24,19% dimana Q adalah persentase perbandingan antara rata-rata jumlah bulan kering dengan rata-rata jumlah bulan basah.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Jenis flora yang ada dalam kawasan ini adalah : Pahlalar (Dipterocarpus sp), yaitu merupakan pohon yang terdapat satup-satunya di Pulau Jawa dari famili Dipterocarpaceae, Kaboa (Lumnitzera racemosa), yaitu tumbuhan yang khas di Sancang, Warejit (Excoecoria ocha) adalah pohon yang mengandung racun dan berbahaya bagi manusia. Rumput-rumputan (Gramineceae) dan lain-lain.

Fauna
Sedangkan satwa liar yang hidup dalam kawasan ini adalah Banteng (Bos sondaicus), Rusa (Cervus timorensis), Merak (Pavo muticus), Burung Julang (Aceros undulatus), Macan Tutul (Panthera pardus) dan lain-lain.

AKSESIBILITAS

Rute perjalanan menuju kawasan ini

Bandung – Garut – Pameungpeuk – Lokasi sejauh ± 159 Km dengan kondisi jalan yang cukup baik.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: