GUNUNG TELAGA BODAS

KEADAAN FISIK KAWASAN

Luas dan letak
Talaga BodasKawasan hutan Telaga Bodas ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Gb tanggal 12-3-1935 Nomor : 17 Sbtl 104 dengan luas 285 Ha. Selanjutnya pada tanggal 15-2-1978 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 98/Kpts/Um/2/1978 sebagian Cagar Alam Telaga Bodas seluas 23,85 Ha di ubah statusnya menjadi Taman Wisata Alam (TWA), sehingga luas cagar alamnya hanya menjadi 261,15 Ha. Kawasan ini termasuk wilayah kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut dan sebagian termasuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Topografi
Kawasan ini terletak di daerah berbukit yang memiliki topografi bergelombang dengan sudut kemiringan antara 30% hingga 70%. Ketinggian tempat 1.700 meter di atas permukaan laut.

Iklim
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson, iklimnya termasuk tipe iklim C dengan curah hujan rata-rata 2.473 mm per tahun.

POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora
Flora yang terdapat Puspa (Shima walichii), Saninten (Castanea argentea), Pasang (Quercus platycorpa), Suagi (Vaccinium varingifolium), Manglid (Magnolia sp), dan lain-lain.

Fauna
Satwa liar yang hidup dalam kawasan ini adalah Macan Kumbang (Panthera pardus), Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Kijang (Muntiacus muntjak), Trenggiling (Manis javanicus), Tupai (Callaciurus notatus), Burung Kandanca (Ducula sp), Burung walet (Collocalia vulvonorum), Burung Puyuh (Turnix suscitator), Burung Saeran (Discusrus macrocaspus) dan lain-lain.

POTENSI WISATA ALAM

Daya tarik Obyek
Kawasan CA dan TWA Telaga Bodas memiliki beberapa obyek yang menarik untuk dikunjungi diantaranya : Telaga yang airnya berwarna putih seperti air susu, sumber air panas, kawah-kawah yang masih aktif dan panorama kawah alam yang indah untuk di nikmati.

Kegiatan Wisata alam yang dapat dilakukan

Berjalan-jalan menikmati keindahan alam, Lintas alam, Berenang, Memotret.

Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana yang terdapat di kawasan ini antara lain : Jalan setapak, pintu masuk, pos jaga, shelter dan lain-lain.

AKSESIBILITAS

Rute perjalanan menuju CA dan TWA Telaga Bodas yaitu :

Garut- Wanaraja ± 25 Km. Kondisi jalan cukup baik dan terdapat trayek angkutan kota.

Tasikmalaya – Malangbong – Cibatu – Wanaraja ± 56 Km.

Satu Balasan ke GUNUNG TELAGA BODAS

  1. purpalabogor mengatakan:

    selama kita punya tujuan baik kenapa mesti takut…

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: